Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10

Saya tidak bisa melihat barang hanya tergeletak tanpa dioprek atau bahasa syariahnya mengenal lebih dalam. Maka dari itu disini saya memiliki kesempatan untuk membuat Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10, Apakah itu gunanya? Yaitu, Mengupgrade firmware fujifilm XT10, gunanya agar firmware diupdate, supaya memperbarui sistemnya saja. Satu hal yang selalu ditegaskan dalam hal ini yaitu, apabila gagal upgrade. Kemungkinannya paling brick atau tidak mau menyala, itu doang kok. Karena saya terlahir dengan penasaran dan biasa gagal, maka saya teruskan.

Ngomong-ngomong update firmware fuji ini sering update loh, bukan hanya body nya saja namun fujinon juga, sebutan lensa dari fuji sendiri. Jadi sangat menyenangkan bukan, diperhatikan untuk update. Dalam kasus ini kamera saya XT10 dengan firmware bawaannya versi 1.0 serta lensa bawaannya XC16-50mmF3.5-5.6 OIS II versi 1.0 juga.

Berikut hal-hal yang perlu kalian camkan dalam hati kalian:

  1. Seperti biasa, pastikan kondisi baterai kamera dalam kondisi 100% atau cukup. Kan gak lucu kalo ditengah jalan update mati kehabisan baterai.
  2. Format kartu memori kamu melalui kamera agar lebih mudah. Untuk melakukannya bisa dengan pilih menu dan opsi setup lalu format dan ok.
  3. Lalu jangan lupa cek firmware terlebih dahulu, jangan-jangan firmware kamu sudah up to date atau versi terakhir jadi tidak perlu lagi. Caranya saat kamera off klik “DISP/BACK” lalu on kan kamera tapi masih klik “DISP/BACK” dan lihat versi firmwarenya.

Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10

Tapi bila belum update, maka kamu bisa download koleksi firmware disini. (cari sesuai dengan body dan lensa kamu, jangan sampai salah). Sejak tulisan ini hadir, update terbaru dari XT10 dan XC16-50mmF3.5-5.6 OIS II yaitu versi 1.21 dan 1.10

Cara upgradenya, sangat mudah namun teliti:

  1. Setelah download dilink tadi dan disimpan. Langkah pertama ambil memory dan colok dikomputer atau laptop. Pindahkan file update satu persatu (karena saya belum coba keduanya langsung secara bersamaan, bisa apa gak). Setelah itu pasang kembali ke kamera.
  2. Lakukan cara cek firmware, nyalakan kamera dan tekan tombol “DISP/BACK”, setelah itu nanti ada pilihan mau  update body atau lensa. Kalo firmware yang kalian pindahkan tadi body maka pilih body, besar kapasitas firmware body sekitar 50Mb sedangkan lensa 300kb. Setela dipilih dia otomatis, contoh sebelumnya 1.0 maka ada kalimat “apakah kamu ingin update versi 1.21” lalu tekan yes.
  3. Setelah itu kamu disuruh nunggu tidak lama, tidak lebih 1 menit saya rasa. dan berhasil, cara yang sama untuk lensa juga seperti itu. Sebenernya bagian menegangkan disini, karena bisa saja gagal. Tapi kalo caranya sesuai diatas, maka berhasil. Tapi sekali lagi, ini tidak dianjurkan.

Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10

Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10

Setelah itu matikan kamera dan dianjurkan untuk memformat memory kembali sebelum mengambil gambar kembali.

Berikut tampilan firmware saya yang baru.

Denger-denger sih perbedaan dari firmware sebelumnya yaitu: Meningkatkan akurasi penyesuaian fokus manual.

Untuk lensa juga sama meningkatkan akurasi penyesuaian fokus manual dan perbaikan fungsi OIS.

 

Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10

diambil dengan redminote 3 pro.

Sekian tentang Cara Upgrade Firmware Fujifilm XT10, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Written by utautama
Pendengar Yang Mencoba Bercerita

    2 Comments

  1. ANDRE June 27, 2017 at 11:21 am Reply

    Mas gimana cara setting untuk classic chrome dan vivid, sharpeness dan hilite di xt10?
    apa perlu update firmware?
    thank

    • utautama June 19, 2018 at 12:15 am Reply

      tidak perlu, kulik2 aja mas kameranya. Defaultnya sih Pilih auto mode, terus klik arah kiri.

Leave a Comment